SSD


 SSD

Sebanyak 56 peserta dari unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Sekretaris Desa, hari ini selasa, 18 April 2023 mengikuti sosialisasi Sibermata Desa yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Propinsi di Aula Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro. 

Sosialisasi yang diikuti peserta dari 28 Kecamatan ini, dibuka oleh Wahyudi, STP, M.Si, Kabid Bina Pemerintahan Desa, Propinsi Jawa Timur, dalam sambutanya beliau menyatakan bahwa, seharusnya pemerintahan desa melaksanakan Peningkatan Kapasitas dalam setiap tahunya, namun karena keterbatasan anggaran atau faktor lainya, sehingga kegiatan tersebut belum bisa dilaksanakan.

"Untuk itulah program ini dilaksanakan, sebagai bentuk upaya Peningkatan Kapasitas bagi pelaksana Pemerintahan Desa" tambahnya.

Sibermata, adalah Sistem Belajar Mandiri Tata Kelola Desa, merupakan media elektronik, sebagai wadah aparatur pemerintah Desa untuk meningkatkan kemampuanya, di media ini pula ada ruang tanya jawab bagi pemangku kepentingan pengelolaan Desa yang kesulitan menemukan keputusan.

Sayangnya, tanya jawab itu baru terlayani pada Rabu dan Jumat saja, mengingat keterbatasan fasilitator, dan masih mudanya program ini yang baru dilaunching bulan Januari 2023, sehingga perlu perbaikan-perbaikan agar mampu dimanfaatkan para pihak, meski demikian, pak Wahyudi berharap, dari program ini mampu menjembatani 2.000 aparatur dari 162.000 aparatur Desa yang terdata dalam Sibermata.

Harapan lain dari peserta adalah, program ini lebih spesifik ke masing-masing bidang, misalnya Kaur keuangan benar-benar mampu menguasai bidang keuangan, begitu pula bidang lainua, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, baik dari kalangane akademisi maupun praktisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT UNTUK PU

KHOUL

Pancasila