Memasarkan Buku

MEMASARKAN BUKU

Moch. Syaechu Nasirudin

Bagi penulis, buku adalah mahkota dan menerbitkan buku merupakan kepuasan tersendiri sekaligus motivasi untuk menghasillkan karya-karya berikutnya, disertai perbaikan-perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman.

Mulanya diterbitkanya buku mungkin hanya sebatas memenuhi sebagian kebutuhan nonmaterial, namun demikian, seiring perjalanan waktu penulis tentu berharap memperoleh keuntungan ekonomi dari buku yang sudah diterbitkan.

Bagi penulis yang sudah menerbitkan buku memalui penerbit mayor, tentu pemasaran bukunya tidak mengalami tantangan, karena ditangani oleh tenaga pemasaran profesional dan penulis tinggal menunggu royalti dari hasil pemasarannya. Sedang penulis yang menerbitkan buku melalui penerbit indi mempunyai tantangan tersendiri, untuk lebih agresif memasarkan bukunya agar dimiliki orang lain.

Karena itulah dibutuhkan dtrategi pemasaran, dengan memperhatikan jenis-jenis buku atau disebut dengan katagori buku. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat beberapa strategi pemasaran buku, antara lain :

A.   Strategi pemasaran buku secara online atau Digital Marketing, yaitu teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet, penerapanya melalui :

1.    Content Marketing, merupakan salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu, tujuannya adalah menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Pilihan content marketing ini meulalui blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2.    Search Engine Optimization (SEO), merupakan strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3.    Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website dari hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4.    Social media marketing, Merupakan pemanfaatkan berbagai platform media sosial sebagai media promosi dan pemasaran suatu brand, seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

5.    Email Marketing, merupakan strategi marketing dengan menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6.    Instant Messaging Marketing bisa menjadi pertimbangan saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Strategi ini merupakan tren komunikasi masa kini, yang bisa memanfaatkan melalui penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7.    Influencer Marketing,  kehadiran strategi ini membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya, sebab biasanya seseorang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8.    Video Marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan, sebagai salah satu media yang bisa digunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9.    Pemasaran Melalui Channel Youtube, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena banyak orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di HP android,  secara online melalui layanan live streaming.

Pemasaran buku secara online atau Digital Marketing harus terus proaktive melaksanakan promosinya, agar dapat :

Ø Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

Ø Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama sehingga kesetiaan  konsumen terjaga.

Ø Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

Ø Menaikkan penjualan dan profit

Ø Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

Ø Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

Ø Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

B.    Pemasaran Buku Lewat Komunitas, artinya jaringan komunitas dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan penjualan buku; Penjualan lewat komunitas ini biasanya lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi; kata kuncinya harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas kepribadian. misalnya : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dan lainya yang bisa dilakukan baik secara online maupun offline. 

C.   Strategi pemasaran buku secara off line, yaitu strategi pemasaran buku melalui :

1.  Toko Buku, Strategi Promosi di toko buku modern dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain :

Ø  Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol

Ø  Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

Ø  Mengadakan bedah buku , Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

Ø  Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM, dan lainya)

Ø  Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan, kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut

 

2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung, pemasaran ini dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Jenis katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

Ø Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang     TK, SD,  SMP, SMA, SMK).

Ø Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.

Ø Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

3.  Melakukan Event – Event, Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales), yang diberi tanggung jawab dan target sesuai mapping areanya masing-masing, selain itu sales jua bertugas melakukan kunjungan langsung ke tiap sekolah kampus, dan Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah atau ke tempat potensial lainya.

Dari uraian diatas pemasaran buku melalui strategi apapun menjadi sangat penting untuk menentukan kesuksesan penjualan buku, sehingga buku lebih cepat dikenal yang secara otomatis akan menaikkan branding penulisnya, hal ini penting, mengingat nama penulis mempunyai nilai tambah dalam pemasaran buku itu sendiri.

Bojonegoro, 24 Februari 2023

Resume 20 KBMN-28

Tanggal 23 Februari 2023

Thema : Memasarkan Buku

Nara Sumber : Agus Subardana, SE. M.M

Moderator : Perbaniasita, KS, S.Pd

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT UNTUK PU

KHOUL

Pancasila