Memasarkan Buku
MEMASARKAN
BUKU
Moch.
Syaechu Nasirudin
Bagi
penulis, buku adalah mahkota dan menerbitkan buku merupakan kepuasan tersendiri
sekaligus motivasi untuk menghasillkan karya-karya berikutnya, disertai
perbaikan-perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman.
Mulanya
diterbitkanya buku mungkin hanya sebatas memenuhi sebagian kebutuhan
nonmaterial, namun demikian, seiring perjalanan waktu penulis tentu berharap
memperoleh keuntungan ekonomi dari buku yang sudah diterbitkan.
Bagi
penulis yang sudah menerbitkan buku memalui penerbit mayor, tentu pemasaran bukunya
tidak mengalami tantangan, karena ditangani oleh tenaga pemasaran profesional
dan penulis tinggal menunggu royalti dari hasil pemasarannya. Sedang penulis
yang menerbitkan buku melalui penerbit indi mempunyai tantangan tersendiri,
untuk lebih agresif memasarkan bukunya agar dimiliki orang lain.
Karena
itulah dibutuhkan dtrategi pemasaran, dengan memperhatikan jenis-jenis buku
atau disebut dengan katagori buku. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat
beberapa strategi pemasaran buku, antara lain :
A. Strategi
pemasaran buku secara online atau Digital Marketing, yaitu teknik memasarkan
produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet, penerapanya
melalui :
1. Content
Marketing, merupakan salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu, tujuannya
adalah menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Pilihan content
marketing ini meulalui blog, podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search
Engine Optimization (SEO), merupakan strategi menarik pengguna internet untuk
mengunjungi website dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search
Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan
meningkatkan visibilitas website dari hasil pencarian mesin pencari atau yang
dikenal dengan istilah SERP.
4. Social
media marketing, Merupakan pemanfaatkan berbagai platform media sosial sebagai
media promosi dan pemasaran suatu brand, seperti Facebook, Instagram, Tiktok
dan lainnya.
5. Email
Marketing, merupakan strategi marketing dengan menggunakan media email untuk
bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant
Messaging Marketing bisa menjadi pertimbangan saat hendak melakukan promosi dan
pemasaran produk secara online. Strategi ini merupakan tren komunikasi masa
kini, yang bisa memanfaatkan melalui penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya.
7. Influencer
Marketing, kehadiran strategi ini
membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya, sebab biasanya seseorang
akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh
seorang influencer.
8. Video
Marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan,
sebagai salah satu media yang bisa digunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
9. Pemasaran
Melalui Channel Youtube, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena banyak
orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di HP android, secara online melalui layanan live streaming.
Pemasaran
buku secara online atau Digital Marketing harus terus proaktive melaksanakan
promosinya, agar dapat :
Ø Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
Ø Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
Ø Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
Ø Menaikkan
penjualan dan profit
Ø Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
Ø Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
Ø Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
B. Pemasaran Buku Lewat Komunitas, artinya jaringan komunitas dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan penjualan buku; Penjualan lewat komunitas ini biasanya lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi; kata kuncinya harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas kepribadian. misalnya : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dan lainya yang bisa dilakukan baik secara online maupun offline.
C. Strategi
pemasaran buku secara off line, yaitu strategi pemasaran buku melalui :
1. Toko
Buku, Strategi Promosi di toko buku modern dilakukan dengan berbagai macam
cara, antara lain :
Ø Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol
Ø Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
Ø Mengadakan
bedah buku , Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
Ø Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB,
Program TAM, dan lainya)
Ø Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal toko buku modern
tersebut
2. Direct
Selling / Kunjungan Langsung, pemasaran ini dipetakan berdasarkan jenis
katagori buku yang diterbitkan. Jenis katagori buku penjualan lewat
Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
Ø Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
Ø Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.
Ø Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
3. Melakukan
Event – Event, Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Dengan
pemetaan jenis katagori tersebut diatas Industri Penerbitan buku melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales), yang diberi
tanggung jawab dan target sesuai mapping areanya masing-masing, selain itu
sales jua bertugas melakukan kunjungan langsung ke tiap sekolah kampus, dan
Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan
Daerah atau ke tempat potensial lainya.
Dari uraian diatas pemasaran buku melalui strategi apapun menjadi sangat penting untuk menentukan kesuksesan penjualan buku, sehingga buku lebih cepat dikenal yang secara otomatis akan menaikkan branding penulisnya, hal ini penting, mengingat nama penulis mempunyai nilai tambah dalam pemasaran buku itu sendiri.
Bojonegoro, 24 Februari 2023
Resume
20 KBMN-28
Tanggal
23 Februari 2023
Thema
: Memasarkan Buku
Nara
Sumber : Agus Subardana, SE. M.M
Moderator
: Perbaniasita, KS, S.Pd
Komentar
Posting Komentar