Resume 9 KBMN-28

 


KIAT-KIAT MUDAH MENULIS 

Oleh : Moch. Syaechu Nasirudin

Ada beberapa kata kunci yang harus dilaksanakan agar mudah dalam menulis : 

1. Menulis tanpa beban, artinya menulislah yang ada dalam pikiran, bukan memikirkan apa yang akan ditulis, sehingga tidak kehilangan kalimat-kalimat kreatif yang sangat mungkin muncul ketika menyusun kata demi kata. Menulis tanpa bisa dimulai dari menulis hal-hal yang sederhana dan sering dialami, misalnya saat perjalanan pulang kerja, atau sedang menikmati pemandangan alam. 

2. Menulis tanpa mengedit, kegiatan menulis ini dimulai dari Free Writing yaitu teknik menulis di mana seseorang menulis terus menerus untuk jangka waktu tertentu tanpa memperhatikan ejaan, tata bahasa, atau topik; dengan demikian ketika menulis sebaiknya abaikan mengedit, tapi terus saja menulis, hindari ketakutan salah ataupun jelek hasilnya, sebab sesungguhnya musuh terbesar penulis itu adalah dirinya sendiri, misalnya rasa malu, takut dikritik kuatir dan sejenisnya, setelah selesai baru melangkah proses berikutnya dengan mengedit.

3. Mengkondisikan suasana mood, untuk menulis jangan menunggu mood tapi buatlah mood untuk menullis, bisa dengan ngemil, self sugestion, atau bahkan mungkin sambil menikmati kopi panas dan merokok, sehingga tulisan yang awalnya hanya beberapa paragraf mampu dikembangkan menjadi banyak paragraf.

4. Menulislah dengan target, menjadi seorang penulis bukanlah “warisan”, tapi penulis berangkat dari perjalanan pembelajaran yang membutuhkan waktu, tenaga, dan menguras pikiran, karena itu, perlu pembiasaan menulis setiap hari, dari kejadian sederhana yang ditemukan dimanapun, jika perlu setiap hari ada target menulis satu halaman, maka dalam setahun akan mempunyai 360 halaman, yang berarti cukup untuk buat minimal satu buku.

Menulis dengan target memang seperti paksaan, namun sebenarnya sama dengan membangun produktivitas, ketika sudah punya keinginan kuat menjadi penulis, maka biasakan membuka hati dan pikiran untuk mendengar, mencatat serta mengolah menjadi tulisan, sehingga mudah menulis, karena sesungguhnya menulis menjadi mudah ketika terbiasa melakukan apalagi jika sudah menguasai pokok permasalahan.

Kunci utama menjadi penulis adalah mau dan mampu; keduanya harus dipadukan berjalan seimbang, mengingat banyak orang yang mempunyai kemauan menulis, namun tidak memiliki kemampuan, sebaliknya ada beberapa orang yang mempunyai kemampuan, namun belum mau menulis sehingga belum menghasilkan bentuk tulisan apapun; Karena pada dasarnya kemauan muncul dari dalam pribadi personal, tapi untuk mampu diperlukan penguasaan teori dan tehnik yang didapat dari belajar.

Untuk itulah harus didukung dengan banyak membaca, sebab tidak semua orang yang membaca akan menjadi penulis, tapi untuk menjadi seorang penulis harus banyak membaca. Semakin banyak membaca, semakin mudah menghasilkan tulisan, karenanya membaca harus dipaksakan seolah menjadi kewajiban, jika perlu ditarget sesibuk apapun tetap harus membaca, agar lama kelamaan membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Sebagai penunjang tolak ukur agar tulisan dimanfaatkan banyak orang, maka sebaiknya penulis memiliki media, untuk mengekspresikan hasil tulisan, melalui WA, facebook, blog atau insagram dengan mengupdate tulisan yang bisa dikembangkan menjadi tulisan utuh, baik berupa artikel ataupun cerpen, dengan demikian maka menulis akan semakin mudah.


Bojonegoro, 27 Januari 2023

Resume 9 KBMN-28

Tanggal 27 Januari 2023

Thema : Menulis Itu Mudah

Nara Sumber : Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator : Lely Suryani, S.Pd. SD

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT UNTUK PU

KHOUL

Pancasila