RESUME 5

 

MEDIA PEMBELAJARAN BLOG

Oleh : Moch. Syaechu Nasirudin

     Blog merupakan alat perekam yang penyebaranya lebih cepat dari pada media surat kabar, tanpa membutuhkan sensor atau pengesahan editor; mudah ditemukan lewat situs pencari berdasarkan subyek, nama penulis atau keduanya, dan bisa dibuka sewaktu-waktu oleh siapa saja.

     Kata blog berasal dari weblog yang pertama kali diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tahun 1998, blog bersifat pribadi dan dapat diperbaharui dari wakru ke  waktu. Dengan demikian blog adalah website bersifat personal memuat opini personal dal hal lain untuk mengaktualisasi diri untuk dikabarkab dan di komunikasikan secara global.

     Membuatnyapun sangat mudah, tidak membutuhkan biaya dan keterampilam khusus, hanya perlu menyiapkan akun gmail yang bisa diselesaikan beberapa menit. Namun ternyata belum terlalu banyak orang yang berkenalan dengan dunia blog, alasanyapun sangat klasik, malas membaca apalagi menulis, padahal tanpa disadari mereka sering membuat kata menarik di WA, membaca dan membuat status atau berkomentar di media sosial lainya, yang berarti sebenarnya sudah ada kebiasaan membaca dan menulis.

     Paling tidak terdapat 5 manfaat blog

  1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru. Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun menampilkan karya-karya lainnya. 
  2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar,  sekaligus memudahkan guru, karena bahan ajar dapat dimuat dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa.
  3. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa. Transformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 125 menyatakan “ dengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para siswa bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan.
  4. Blog dapat diakses oleh siapapun di belahan dunia, dan guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikirannya, di manapun mereka berada dengan mudah dan murah. 
  5. Blog sebagai media silaturahim yang dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung, dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain, karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia

     Selain manfaat sebagaimana tersebut diatas, ternyata dengan blog mampu menambah pundi-pundi keuangan, dengan catatan blog yang diunggah sudah memuliki viwuer 10.000 atau 20.000 biasanya akan ada penawaran oleh bagian iklan, bahwa blog akan ditawari beberapa iklan, atau kalau mau berkolaborasi, usahakan ada beberapa tulisan yang tiap tulisan dikunjungi oleh seratus pengunjung dikalikan beberapa anggota, maka jika dijumlah keseluruhan bisa jadi akan menghasilkan uang.
     
     Sebagai media sosial, blog banyak jenisnya 
  1. Blog pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. 
  2. Blog sastra, lebih dikenal sebagai litblog (literary blog), berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra. 
  3. Blog pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  4. Blog bertopik, yaitu blog yang membahas sesuatu masalah/topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  5. Blog kesehatan, lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan.
  6. Blog politik berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye)
  7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan
  8. Blog riset, berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru
  9. Blog hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws)
  10. Blog media berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi. 
  11. Blog agama, membahas masalah yang berkaitan dengan agama. 
  12. Blog bisnis, digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka. Jenis blog tersebut
    Dari sekian jenis blog tersebut, ternyata menulis di blog sangatlah fleksibel, karena dapat dimanfaatkan untuk mengunggah kegiatan berbentuk gambar, maupun vidio menarik, bahkan kejadian yang ditemukan secara tiba-tiba dapat diabadikan, apalagi gambar atau vidio disertai komentar dimaksud yang pada akhirnya mampu mempercantik penampilan blog itu sendiri, sehingga akan menarik siapapun yang membuka.
Dengan blog, penulis yang biasa-biasa saja akan menjadi luar biasa.

Bojonegoro, 18 Januari 2023

Resume 5 KBMN-28
Tanggal 18 Januari 2023
Thema : Blog Sebagai Media Pembelajaran
Nara Sumber : Dail Ma’ruf, M.Pd
Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT UNTUK PU

KHOUL

Pancasila